Mengenal Kereta Api Railink

Mengenal Kereta Api Railink
Railink di Indonesia yang melayani rute dari stasiun kereta api menuju bandar udara atau airport, merupakan sebuah moda transportasi khusus yang sangat eksklusif. Salah satu contohnya adalah kereta bandara dengan rute Medan menuju Bandara Internasional Kualanamu, Medan.

Kereta api khusus yang bernama Airport Railink Service ini dikelola oleh Railink, sebuah perusahaan patungan antara Kereta Api Indonesia dan Angkasa pura II (Persero) dengan rute Stasiun Medan-Bandara Internasional Kualanamu.

Resmi beroperasi pada tanggal 25 Juli 2013, kereta bandara ini memiliki frekuensi jadwal perjalanan sebanyak 20 kali pulang-pergi(jadwal per 28 April 2014) dari stasiun Medan menuju Stasiun Bandar Udara Internasional Kualanamu, Medan.
Fasilitas kereta Railink

Fasilitas yang disediakan kereta railink ini sangat nyaman untuk memanjakan penumpang. Dilengkapi dengan kapasitas kursi sebanyak 308 buah, AC, koneksi WiFi hingga audio visual, penumpang akan merasakan kenyamanan selama perjalanannya.

Selain fasilitas yang eksklusif seperti yang disebutkan diatas, kereta railink ini mempunyai waktu jarak tempuh yang sangat efisien. Estimasinya waktunya, menuju Bandara hanya memakan waktu 30 menit dan 30 hingga 4 menit saat menuju ke Medan.

Kenapa kereta railink ini sangat cepat? hal ini dikarenakan jalur yang digunakan oleh kereta khusus Bandara ini menggunakan jalur prioritas, yaitu jalur kereta yang menggunakan rel tunggal.
Sejarah kereta Railink

Pada Awalnya, kereta railink ini menggunakan rangkaian gerbong Kereta Rel Diesel (KRD) yang merupakan bekas dari KRD Kaligangsa yang beroperasi di Pulau Jawa. Pada saat ini, penggunaannya pun dialihkan pada gerbong kereta buatan perusahaan asal Korea Selatan, Woojin Industries.

Bekas gerbong dari kereta railink tersebut kini telah dikembalikan dan aktif digunakan kembali dengan nama kereta api sriwedari. Dan sebagian sisanya juga digunakan dengan nama kereta api Lelawangsa.
Baca juga :

Mengenal 3 Kereta Inspeksi di Indonesia

Promo Railink Diskon Lebaran





Dibangunnya jalur kereta ini menjadi pilot project yang nantinya juga akan dikembangkan secara luas di berbagai kota – kota besar yang mempunyai bandara internasional di seluruh wilayah Indonesia seperti Kota Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Padang.
Layanan yang disediakan oleh Airport Railink Service

1. Convenient

Suasan yang nyaman akan dirasakan pada saat menuggu kedatangan kereta. Deretan fasilitas mulai dari jaringan WiFi untuk mengakses internet, toko retail ternama, restoran bertaraf internasional, siap melayani penumpang yang ada.

Selain itu, fasilitas umum lainnya yang tersedi adalah toliet dengan satndar kebersihan yang terjaga, tempat ibadah seperti mushola hingga ruangan nursery yang dperuntukan bagi ibu hamil dan menyusui.

2. Easy Access, dengan Layanan City Check-In

Kemudahan menuju dan dari Bandara yang lebih cepat, nyaman dan aman. Easy Acces memberikan kemudahan dan fasilitas yang memanjakan penumpang.

3. Easy Transaction

Dengan mengimplementasikan layanan modern, sistem e-ticketing akan memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian tiket. Proses ini akan diakomodasi oleh vending machine yang terdapat di stasiun.

Selain itu, adanya berbagai opsi pembayaran pada tiap transaksi yang dilakukan, tentu memberikan kemudahan pada penumpang secara cepat dan aman. Pilihan pembayaran yang tersedia adalah uang elektronik, Kartu Debit, Kartu Kredit.Prepaid.

4. Easy Stay

Selama jeda waktu transit, penumpang bisa memilih hotel setara bintang tiga, yang letaknya berdekatan dengan lokasi stasiun. Bagi para penumpang yang mempunyai urusan bisnis dan keperluan lainnya, lokasi Stasiun KA Bandara Medan yang strategis, bisa menjadi tempat awal untuk memilih penginapan yang sesuai. 
Baca Juga :



Keuntungan Menggunakan Kereta Railink

1. Bebas Kemacetan

Jadwal naik pesawat yang terkadang mengharuskan penumpang untuk datang lebih awal di bandara merupakan salah satu alasan pentingnya keberadaan kereta bandara ini. Selain cepat dan nyaman, railink merupakan solusi menghindari kemacetan ketika hendak menuju bandara.

2. Kereta dengan interior yang nyaman

Interior kereta bandara yang nyaman dan modern merupakan daya tarik bagi sebagian besar penumpang. Dengan desainnya yang lux dan terkesan eksklusif, menjadikan moda transportasi ini pilihan utama ketika hendak menuju bandara.

3. Waktu tempuh yang cepat

Karena jalur rel yang digunakan merupakan jalur rel khusus yang diprioritaskan hanya untuk kereta bandara, waktu tempuh pun bisa diminimalisir sekecil mungkin. Memakan waktu hanya sekitar 30 menit hingga 47 menit, Railink ini bisa mengantarkan penumpang dengan cepat.

4. Pembelian Tiket yang Mudah

Vending machine yang mengakomodasi sistem e-ticketing yang modern, membantu penumpang mendapatkan layanan pembelian tiket Railink yang aman dan cepat. Kecepatan sekaligus kemanan dan metode pembayaran yang fleksibel, menjadi nilai lebih dari sistem ini.

5. Fasilitas yang Nyaman

Area stsiun yang luas dan lega, ditata dengan sangat apik dan rapi, menitu konsep arsitektur stasiun modern yang ada di luar negeri. Hal ini juga berlaku pada fasilitas publik yang ditawarkan seperti toilet, tempat ibadah, ruangan khusus ibu hamil dan menyusui, hingga ketersediaan jaringan internet yang bisa diakses melalui WiFi.

6. Bersih dan Elegan

Kebersihan merupakan faktor nomor satu yang menjadi standar pada setiap area layanan publik. Salah satunya diterapkan pada stasiun Bandara Kualanamu, Medan. Stasiun yang mempunyai konsep modern ini, terlihat sangat bersih dan nyaman bagi pengunjung.
Sumber : http://blog.tiketkai.com/mengenal-kereta-bandara-railink/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rail One, Kereta Mewah Milik Pemerintah

Wings Air Hadir di Bandara Notohadinegoro Jember 31 Juli 2017

Bandara Wiriadinata Prematur Dalam Penerbangan Komersil